Senin, 22 September 2014
Minerva GTR 170 Skutik Futuristik
Bisa dibilang pengguna Minerva GTR 170 masih termasuk langka di
Indonesia. Kehadiran motor ini sebenarnya sudah cukup lama diluncurkan
oleh Minerva Indonesia. Mungkin popularitas tidak setenar skutik-skutik
buatan Jepang. Meskipun demikian, jeroan Minerva GT 170 yang dihasilkan
oleh teknologi SACHS Jerman bisa jadi pertimbangan tersendiri.
Sebagai motor berkapasitas 170cc, harga GTR 170 terbilang sangat
terjangkau jika dibandingkan dengan skutik pesaingnya dengan kapasitas
yang sama. Sebagai catatan, Minerva GTR 170 dibanderol Rp.21,5 juta.
Terpaut cukup jauh dengan Honda PCX150 yang dibanderol Rp. 37,9 juta.
Menariknya, dengan harga yang murah, GTR 170 masih menjadi rajanya
skutik kelas menengah di Indonesia dalam konteks ukuran volume mesin.
Nah, bagi anda yang tertarik membeli Minerva GTR 170, ada baiknya
mengenali dulu beberapa kelebihan dan kelemahan skutik bergaya stylish
ini.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
KELEBIHAN
Speedometer - Selain memiliki tampilan sporty, desain speedometer
Minerva GTR 170 juga lumayan canggih. Informasi yang ditampilkan sangat
lengkap meliputi speedometer, tachometer, oddometer, amperemeter,
sampai jam digital.
Jok Sporty - Desain tempat duduk model split pada Minerva GTR 170
memang cukup elegan, seperti yang digunakan oleh moge sport. Selain
itu, ukuran jok GTR 170 juga sangat lebar dan nyaman.
Handling - Struktur rangka GTR 170 patut diacungi jempol. Dengan
bodi yang besar, Minerva GTR 170 sangat stabil meskipun motor digeber
dengan kecepatan tinggi. Hal ini cukup signifikan jika dibandingkan
dengan skutik lainnya. Sudut ergonomi GTR 170 juga mendukung untuk
dibawa jauh dan tidak membuat pegal. Posisi setang cukup tinggi.
Sedangkan letak footstep memang agak kebelakang seperti motor jenis
fairing, tapi ternyata membuat kaki cukup nyaman dikendarai. Hanya saja,
posisi jok tempat duduk memang agak tinggi. Bagi pengendara yang
mempunyai tinggi 165-an perlu sedikit mengangkang, karena desain motor
ini memang sepertinya dibuat dengan standar tinggi orang Eropa. Namun,
untuk volume jok GTR 170 masih lebih tipis dan nyaman jika dibandingkan
dengan GTR 150.
KEKURANGAN
Bahan Bakar - Sebagai skutik berkapasitas 170 cc, konsumsi bahan
bakar Minerva GTR 170 tidak bisa dibilang irit. Dengan pengujian bahan
bakar pertamax, didapati mampu menempuh rata-rata 23-25 km / liter.
Meskipun ada sumber lain di internet yang mengklaim mampu menempuh jarak
180 km / 4,5 liter.
Performa - Dengan kapasitas mesin yang cukup besar, performa
Minerva GTR 170 termasuk cukup berat, terutama untuk karakter jalanan
yang menuntut stop and go. Namun, untuk kondisi jalanan lengang
dengan trek lurus yang panjang, performa GTR 170 cukup bertenaga. Untuk
kecepatan maksimumnya, top speed Minerva GTR 170 bisa digeber hingga 125
km / jam dengan bahan bakar Pertamax atau Shell.
Sparepart - Salah satu kelemahan Minerva dibandingkan kompetitor
lainnya adalah kendala sparepart yang belum merata penyebarannya.
Meskipun baru-baru ini Minerva Indonesia baru membuka layanan pemesanan spare part secara online, namun, ada kalanya pembeli masih harus memesannya secara inden.
Part-part |
Demikianlah informasi mengenai Minerva GTR 170, Review si Skutik Futuristik. Semoga bermanfaat :-)
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar